Senin, 21 Desember 2009

MESIR

PETA NEGARA MESIR





















Negara : Mesir
Ibu kota : Kairo
Luas wilayah : 997.739 km2
Bentuk pemerintahan : Republik
Jumlah penduduk : 76.117.420 jiwa
Lagu kebangsaan : "Hani an be tu da to Samil Ma Kam"
Bahasa : Arab
Agama : Islam, Kristen
Mata uang : Pound Mesir



PROFIL NEGARA MESIR

A. BENTUK NEGARA/ PEMERINTAHAN MESIR

Mesir menjadi negara Republik sejak 1953. Pada masa sebelumnya, Mesir merupakan negara kerajaan yang diperintah oleh Raja Farouk.Mesir, Suriah, dan Irak pada tahun 1958 bergabung dengan nama Republik Persatuan Arab (RPA).Persekutuan negara-negara tersebut akhirnya bubar dan masing-masing berdiri sendiri. Pada tahun 1972, Mesir mengganti nama menjadi Republik Arab Mesir.

Mesir atau Republik Arab Mesir adalah negara sosial demokrasi berbentuk Republik. Kepala Negara Mesir adalah Presiden. Kepala Pemerintahannya Perdana Mentri. Presiden mengangkat wakil presiden, perdana mentri beserta mentri-mentrinya. Kekuasaan tertinggi berada di tangan presiden.

Anggota kabinet membantu presiden dalam tugas-tugas kepresidenan. Masa jabatan presiden ditentukan selama 6 tahun dan dapat dipilih kembali untuk masa jabatan berikutnya. Presiden dipilih sekurang-kurangnya 2/3 anggota badan legislatif dan disetujui oleh mayoritas pemillih.

Badan legislatif yang disebut majelis rakyat yang terdiri atas 458 anggota, 448 orang diantaranya dipilih oleh rakyat melalui pemilihan umum dan 10 orang lagi diangkat oleh presiden. Masa bakti anggota majelis rakyat selama 5 tahun.

B. LETAK, BATAS, DAN LUAS MESIR

1. Letak Astronomis : Secara astronomis Mesir terletak di antara 25o BT- 36o BT dan antara 22o

LU- 32o LU.

2. Letak Geografis : Secara geografis Mesir terletak di tepi Laut Merah dan Laut Mediterania.

3. Batas : a. Sebelah Utara : Berbatasan dengan Laut Tengah

b. Sebelah Timur : Berbatasan dengan Jalur Gaza, Israel, dan Laut

Tengah.

c. Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Sudan

d. Sebelah Barat : Berbatasan dengan Libya

4. Luas : Luas negara Mesir adalah 997.739 km2 dibandingkan dengan luas negara

Indonesia yang luasnya 1.906.240 km2. Berarti luas negara Mesir lebih sempit dibandingkan dengan luas negara Indonesia.

C. BENTANG ALAM NEGARA MESIR

Wilayah dataran Negara Mesir secara garis besarnya dapat dibagi menjadi lima kawasan yaitu sebagai berikut:

  1. Semenanjung Sinai. Semenanjung Sinai merupakan suatu dataran tinggi yang terletak di sebelah timur Terusan Suez dan memanjang sampai perbatasan Arab, Yordania, dan Israel. Di kawasan ini terdapat Gunung Tertinggi Negara Mesir yaitu Gunung Katherina dengan ketinggian 2.637 m.
  2. Gurun Barat. Gurun ini terletak di sebelah timur libya. Luasnya kurang lebih 674.000 km2 atau hampir tiga perempat wilayah negara Mesir.Di kawasan ini dijumpai adanya daerah depresi. Daerah depresi yaitu daerah yang letaknya lebih rendah dari permukaan air laut.

Depresi tersebut dikenal dengan nama Depresi Qatara.Di daerah depresi ini dijumpai adanya Oase-oase yang antara lain Oase Faranfra, Oase Dakhla, dan Oase Kharijah.

  1. Gurun Timur. Kawasan ini membentang ke timur dari Lembah Sungai Nil sampai ke Laut Tengah. Di gurun timur ini banyak dijumpai adanya wadi. Wadi adalah lembah-lembah sungai yang kering. Gunung tertinggi di kawasan gurun timur adalah Gunung Shayib dengan ketinggian 2.187 m.
  2. Lembah Sungai Nil. Kawasan ini merupakan pusat permukiman penduduk Negara Mesir. Kawasan ini terletak memanjang dari perbatasan Sudan sampai ke Laut Tengah. Di daerah ini juga terdapat bendungan terkenal yaitu Bendungan Aswan. Bendungan ini memiliki fungsi utama sebagai irigasi dan sebagai penanggulangan bahaya banjir dari sungai Nil.
  3. Delta Sungai Nil. Delta ini merupakan suatu daerah aluvial yang sangat subur dan merupakan daerah pertanian Negara Mesir. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di Benua Afrika dan di dunia dengan panjang 6.690 km. Sungai Nil terbentuk dari dua aliran, yaitu dari Sungai Nil Putih dan Sungi Nil Biru. Mata air Sungai Nil Putih berasal dari Danau Victoria di Afrika Tengah. Mata air Sungai Nil Biru berasal dari danau Tana yang terletak di tanah tinggi Ethiopia. Kedua sungai ini bertemu di Khartoum (Negara Sudan) yang kemudian mengalir ke arah utara melalui Mesir dan bermuara di Laut Tengah. Sungai Nil mempunyai manfaat besar bagi Negara Mesir, antara lain sebagai:
    • Sarana lalu-lintas pelayaran,
    • Sebagai pembangkit tenaga listrik,
    • Sebagaii sarana air minum, dan
    • Sebagai sarana irigasi bagi lahan pertanian.

D. IKLIM NEGARA MESIR

Berdasarkan letak lintangnya, sebagian besar wilayah Mesir berada pada daerah subtropis. Dengan demikian, tipe iklim yang ada di Mesir adalah iklim subtropis arid / kering. Perbedaan antara musim panas dengan musim dingin sangat besar.

Musim panas di Negara Mesir terjadi pada bulan Mei – Oktober dengan suhu rata-rata 31o C pada siang hari dan 15o C pada malam hari. Musim dingin terjadi pada bulan November – April dengan suhu berkisar antara 11o C – 18o C. Hujan biasanya terjadi pada musim ini, dengan curah hujannya hanya berkisar antara 100 – 200 mm dalam satu tahun.

Di Mesir sering terjadi juga angin badai. Angin badai tersebut kering dan berdebu. Angin itu bertiup dari Gurun Sahara menuju ke Delta Sungai Nil. Angin ini disebut khamsin. Peristiwa angin badai terjadi antara April – Mei. Angin ini berpengaruh buruk terhadap tanaman di Delta Sungai Nil.

E. PENDUDUK NEGARA MESIR

Penduduk Negara Mesir berjumlah kurang lebih 76.117.420 jiwa, dengan laju pertumbuhan penduduk 2,9% setiap tahunnya. Mesir memiliki kepadatan penduduk 66 jiwa / km2. Mesir merupakan negara yang penyebaran penduduknya paling tidak merata di dunia karena hanya 4% wilayah negara Mesir yang didiami oleh penduduknya, sedangkan 96% wilayah lainnya merupakan padang pasir yang gersang.Penduduk Negara Mesir terdiri dari suku Hamis, suku Nubia, dan suku Arab. Suku Hamis merupakan suku asli Mesir yang bercirikan kulit putih kehitam-hitaman, suku Nubia berkulit hitam, dan suku Arab berkulit kemerah-merahan.

Bahasa persatuan yang dipergunakan adalah bahasa Arab, sedangkan mayoritas penduduknya menganut agama agama Islam. Agama lain yang dianut adalah agama Kristen yang banyak dianut oleh penduduk asli Mesir.

F. KEGIATAN EKONOMI PENDUDUK MESIR

a. Pertanian

Sektor pertanian Negara Mesir berkembang dengan pesat. Agar produksi pertanian meningkat, di bangunlah beberapa bendungan, yaitu bendungan Aswan, Khartum, Asviut, dan Kairo, tujuannya yaitu untuk irigasi lahan pertanian dan juga untuk mencegah bahaya banjir. Produk pertanian Mesir adalah kapas, tebu, padi, jagung, gandum, gula, kurma dan minyak zaitun. Kapas pernah tercatat sebagai komoditas ekspor terbesar negara Mesir, namun akhir-akhir ini produksi kapas memperoleh saingan berat dari negara-negara penghasil serat sintetis untuk tekstil, seperti Amerika Serikat.

Penanaman kapas diusahakan di daerah sekitar lembah Sungai Nil. Padi ditanam di Lembah Sungai Nil bagian utara, sedangkan tebu ditanam di lembah Sungai Nil bagian selatan. Padi juga termasuk komoditas ekspor. Petani-petani Mesir disebut Fellah atau Fellahin.

b. Peternakan

Sektor peternakan banyak diusahakan oleh penduduk nomaden yang berdiam di daerah gurun. Ternak yang dipelihara adalah jenis hewan ternak besar yaitu, domba, biri-biri, dan unta.

c. Pertambangan

Sektor pertambangan juga mendukung perekonomian Mesir. Pertambangan di Mesir yang telah berkembang antara lain,adalah minyak bumi, fosfat, bijih besi, dan mangan.

Daerah Gurun Barat yang kering ternyata banyak mengandung minyak bumi. Selain di Gurun Barat, minyak bumi terdapat pula di sekitar Terusan Suez dan lepas Pantai Sinai. Mangan terdapat di Semenanjung Sinai. Pertambangan bijih besi terdapat di sekitar Bendungan Aswan. Hasil tambang lainnya antara lain, gips, wolfram, dan asbes dalam jumlah kecil.

d. Perindustrian

Industri utama Negara Mesir adalah tekstil. Saat ini Mesir sedang mengembangkan industri tekstil dengan bahan-bahan katun, wol, dan rayon. Industri lainnya adalah pupuk, semen, industri besi, baja,bahan kimia, dan mobil. Daerah perindustrian Negara Mesir terdapat di, Iskandariyah, Kairo, Delta Sungai Nil, dan lepas Pantai Sinai.

f. Pedagangan

Perekonomian Negara Mesir juga sangat tergantungpada aktivitas perdagangan. Mesir berusaha meningkatkan volume perdagangannya, sehingga devisit perdagangannya dapat diperkecil. Ekspor utama Mesir adalah minyak bumi, kapas, benang tenun, tekstil, fosfat, dan buah-buahan seperti kurma. Negara tujuan utama ekspornya adalah Perancis, Italia, Amerika Serikat, Belanda, dan Rusia. Sedangkan impor ke mesir antara lain mesin-mesin, alat transportasi, bahan-bahan kimia, batu bara, kayu lapis, dan bahan minuman.

g. Pariwisata / Transportasi

Pada sektor ini, sangat besar pula peranannya pada perekonomian Mesir. Sektor transportasi misalnya berupa pendapatan dari yang diperoleh dari Terusan Suez, yang sangat membantu perekonomian Mesir.

G. KEBUDAYAAN MESIR

Mesir sangat terkenal sebagai salah satu pusat kebudayaan dunia pada zaman purba. Peninggalan-peninggalan kebudayaan Mesir, sepert piramida, sphinx, obelisk, dan hiroglif. Piramida terdapat di Giza dan Sakara. Sphinx terdapat di Sakara. Sphinx di bangun 5000 tahun yang silam. Piramida merupakan kuburan para raja. Sphinx adalah patung berkepala manusia berbadan singa yang dimaksudkan untuk melindungi makam para raja. Obelisk adalah tugu segi empat terbuat dari batu. Hiroglif adalah tulisan dan lukisan pada peninggalan kuno.

Untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia, pemerintah Mesir memberlakukan gerakan wajib belajar. Gerakan ini diwajibkan kepada anak-anak berusia 6-12 tahun. Mereka mendapat keringanan berupa bebas uang sekolah atau uang kuliah. Universitas Al-Azhar adalah universitas di Kairo yang merupakan universitas tertua di dunia yang dibangun pada tahun 910 M. Banyak mahasiswa Islam dari berbagai negara menuntut ilmu di universitas tersebut.

H. KOTA-KOTA PENTING NEGARA MESIR

* Kairo : Merupakan kota terbesar di Mesir. Di samping sebagai ibu kota Negara Mesir, kota

kairo juga sebagai kota pusat keagamaan dan budaya dunia arab.

* Iskandariah : Merupakan kota terbesar kedua di Negara Mesir. Kota ini merupakan kota

pelabuhan utama Negara Mesir.

* Port Said : Merupakan kota pelabuhan yang terletak di ujung utara Terusan Suez. Kota ini

dijadikan sebagai kota tempat singgah kapal-kapal untu mengisi bahan bakar.

I. HUBUNGAN KERJA SAMA MESIR DENGAN INDONESIA

1) Bidang Diplomatik

Contohnya masing-masing negara menempatkan duta besar sebagai perwakilannya.

2) Bidang Pendidikan dan Kebudayaan

* Hampir tiap tahun banyak mahasiswa Indonesia yang melanjutkan pendidikan di Universitas Al-

Azhar.

* Banyak tenaga sarjana dari Negeri Mesir memberikan kuliah di berbagai perguruan tinggi di

Indonesia.

* Pada setiap ulang tahun kemerdekaan Negara Mesir, duta besar Mesir mengadakan acara pemberian

santunan kepada penduduk Indonesia yang tergolong fakir miskin.

3) Bidang Politik

Negara Mesir merupakan satu-satunya Negara dari Timur Tengah yang pertama kali mengakui Proklamasi Kemerdekaan republik Indonesia. Mesir juga membantu Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia yaitu denagan cara melakukan pemboikotan terhadap tindakan Negara Belanda untuk kembali menjajah Negara Indonesia.

4) Bidang Ekonomi

Di bidang ekonomi, hubungan Mesir dan Indonesia terus dikembangkan, baik melalui kerja sama bilateral maupin organisasi regional. Perdagangan impor utama dari Indonesia antara lain kayu lapis, teh, kopi, dan kertas. Sedangkan ekspor ke Indonesia antara lain berupa kapas, pupuk, dan benang tenun.


20 komentar:

Fadholi's Academy mengatakan...

thx gan

Ryoki Martfuadi mengatakan...

thx nais info ,,..bantu tUGAs nih...

Unknown mengatakan...

Mantap bray..

TMPX mengatakan...

Cosss mantab

Unknown mengatakan...

sippp gannnn

Unknown mengatakan...

Lumayan, jadi refrensi belajar sebelum US

Unknown mengatakan...

Waah ini yang saya cari untuk tugas. Terimakasih

Unknown mengatakan...

thanks kawan ..

Unknown mengatakan...

Makasih vroh, bantu tugas nih :3
Makasih yay

Unknown mengatakan...

sippp gan membantu tugas ane hiihhi
(KIRAIN MESIR CUMAN TANAH DOANK WKAKAK)

Unknown mengatakan...

makasih atas infonya cari-cari informasi penting kaya gini akhirnya ketemu juga lengkap banget penalaranya ngalahhin wikipedia,,, selesai dehh tugas :)

Unknown mengatakan...

sippp gan.
lengkap semua tugas ane.

Unknown mengatakan...

sippp gan.
lengkap semua tugas ane.

Cantika Ulya Luthfiatur Rohmah mengatakan...

Alhamdulillah ketemu juga! Makasih gan sangat membantu :)

Anonim mengatakan...

akhirnya ketemu...lengkap seluruh yang di cari ada disini...

Evengeline mengatakan...

mengapa RPA dibubarkan? tolong jawab please, buat tugas IPS... terimakasih

Unknown mengatakan...

Thank you very much! Membantu menyelesaikan tugas Geografi

Unknown mengatakan...

KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor yang AKI
beri 4 angka [4918] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka PASANG NOMOR
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI SUBALA JATI,,di no (((085-342-064-735)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang NOMOR 670 JUTA , wassalam.

IBU NUR INTAN mengatakan...

Ass.wr.wt.saya Ibu Nur Intan  tki singapore sangat berterima kasih kepada Aki Soleh, berkat bantuan angka jitu yang di berikan Aki Soleh, saya bisah menang togel 4D yaitu (9669) dan alhamdulillah saya menang (359,juta)sekarang saya sudah bisah melunasi hutang-hutang saya dan menyekolahkan anak-anak saya. sekarang saya sudah bisah hidup tenang berkat bantuan Aki Soleh. bagi anda yang termasuk dalam kategori di bawah ini;
1.di lilit hutang
2.selalu kalah dalam bermain togel
3.barang-barang berharga sudah habis buat judi togel
4.hidup sehari-hari anda serba kekurangan
5.anda sudah kemana-mana tapi belum dapat solusi yang tepat
6.pesugihan tuyul
7.pesugihan bank gaib
8.pesugihan uang balik
9.pesugihan dana gaib, dan dll
dan anda ingin mengubah nasib melalui jalan togel seperti saya hub Aki Soleh di no; 082-313-336-747.
atau anda bisah kunjungi blog AKI "http://angkaramalantogel.blogspot.co.id/"

Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA) 
No WA Aki : 082313336747

"A T A U  B U K A A J A S I T U S  K A M I"

UNTUK JENIS PUTARAN; SGP, HK, MACAU, MALAYSIA, SYDNEY, TOTO MAGNUM, TAIPE, THAILAND, LAOS, CHINA, KOREA, KAMBODIA, KUDA LARI, ARAB SAUDI,

AKI SOLEH dengan senang hati membantu anda memperbaiki nasib anda melalui jalan togel karna angka gaib/jitu yang di berikan AKI SOLEH tidak perlu di ragukan lagi.sudah terbukti 100% akan tembus. karna saya sudah membuktikan sendiri.buat anda yang masih ragu, silahkan anda membuktikan nya sendiri.
SALAM KOMPAK SELALU.DAN SELAMAT BUAT YANG JUPE HARI INI







..( `’•.¸( `‘•. ¸* ¸.•’´ )¸.•’´ ).. 
«082-313-336-747»  
..( ¸. •’´( ¸.•’´ * `’•.¸ )`’•.¸ )..

IBU NUR INTAN mengatakan...

Ass.wr.wt.saya Ibu Nur Intan  tki singapore sangat berterima kasih kepada Aki Soleh, berkat bantuan angka jitu yang di berikan Aki Soleh, saya bisah menang togel 4D yaitu (9669) dan alhamdulillah saya menang (359,juta)sekarang saya sudah bisah melunasi hutang-hutang saya dan menyekolahkan anak-anak saya. sekarang saya sudah bisah hidup tenang berkat bantuan Aki Soleh. bagi anda yang termasuk dalam kategori di bawah ini;
1.di lilit hutang
2.selalu kalah dalam bermain togel
3.barang-barang berharga sudah habis buat judi togel
4.hidup sehari-hari anda serba kekurangan
5.anda sudah kemana-mana tapi belum dapat solusi yang tepat
6.pesugihan tuyul
7.pesugihan bank gaib
8.pesugihan uang balik
9.pesugihan dana gaib, dan dll
dan anda ingin mengubah nasib melalui jalan togel seperti saya hub Aki Soleh di no; 082-313-336-747.
atau anda bisah kunjungi blog AKI "http://angkaramalantogel.blogspot.co.id/"

Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA) 
No WA Aki : 082313336747

"A T A U  B U K A A J A S I T U S  K A M I"

UNTUK JENIS PUTARAN; SGP, HK, MACAU, MALAYSIA, SYDNEY, TOTO MAGNUM, TAIPE, THAILAND, LAOS, CHINA, KOREA, KAMBODIA, KUDA LARI, ARAB SAUDI,

AKI SOLEH dengan senang hati membantu anda memperbaiki nasib anda melalui jalan togel karna angka gaib/jitu yang di berikan AKI SOLEH tidak perlu di ragukan lagi.sudah terbukti 100% akan tembus. karna saya sudah membuktikan sendiri.buat anda yang masih ragu, silahkan anda membuktikan nya sendiri.
SALAM KOMPAK SELALU.DAN SELAMAT BUAT YANG JUPE HARI INI







..( `’•.¸( `‘•. ¸* ¸.•’´ )¸.•’´ ).. 
«082-313-336-747»  
..( ¸. •’´( ¸.•’´ * `’•.¸ )`’•.¸ )..

Posting Komentar