Sabtu, 19 Desember 2009

INGGRIS

PETA NEGARA INGGRIS











Negara                                  : Inggris

Ibu kota                                 : London

Luas wilayah                        : 244.110 km2           

Bentuk pemerintahan         : Kerajaan Berkonstitusi

Jumlah penduduk               : 60.270.710 jiwa (2005)

Lagu kebangsaan               : "God Save The Queen"

Bahasa                                : Inggris

Agama                                 : Protestan, Katolik, Islam, Yahudi

Mata uang                            : Poundsterling

 

 

PROFIL NEGARA INGGRIS

 

A. BENTUK NEGARA/ PEMERINTAHAN INGGRIS

           

            Bentuk pemerintahan Negara Inggris ialah kerajaan berkonstitusi. Kepala negaranya adalah seorang ratu dan kepala pemerintahannya perdana menteri.

            Ibu kota yang sekaligus sebagai pusat pemerintahannya ialah London. Parlemen merupakan sebuah badan pemerintah yang paling berkuasa di Negara Inggris. Anggota parlemen terdiri dari majelis tinggi dan majelis rendah dan ratu yang berperan dalam bidang konstitusional.

 

 B. LETAK, BATAS, DAN LUAS NEGARA INGGRIS

 

* Letak Astronomis               : Inggris terletak di antara 49o LU – 61oLU dan antara 2o BT –      10o BB.

* Letak Geografis                   : Negara Inggris terletak di lepas pantai barat Eropa yaitu diantara Samudera Atlantik dan Laut Utara.

* Batas Negara                       : Sebelah utara berbatasan dengan Samudera Atlantik, sebelah selatan berbatasan dengan Selat Channel, sebelah timur berbatasan dengan Laut Utara dan sebelah barat berbatasan dengan Samudera Atlantik.

* Luas                                       : Luas Negara Inggris adalah 244.110 km2. Dibandingkan dengan luas Negara Indonesia.1.906.240 km2. Berarti luas Negara Inggris lebih sempit dari luas Negara Indonesia.

 

C. BENTANG ALAM NEGARA INGGRIS

       

         Berdasarkan reliefnya , kawasan Negara Inggris terbagi menjadi dua, yaitu

a. Daerah Pegunungan

                        Daerah pegunungan terdapat di bagian barat dan utara. Wilayahnya mencakup Skotlandia dan Wales. Puncak tertinggi di pgunungan Skotlandia adalah Gunung Ben Navis (1343 m). Puncak Gunung Ben Navis ini merupakan puncak tertinggi di Negara Inggris. Pegunungan di Wales didominasi oleh pegunungan Cambrian yang puncak tertingginya adalah Gunung Snowdon (1.085 m).

b. Dataran Rendah

                        Dataran rendah terdapat di bagian timur dan selatan. Dataran ini membentang dari Beneluks melalui Jerman Utara sampai ke Polandia dan Rusia. Di dataran ini membujur pegunungan rendah yaitu pegunungan Pennine. Umumnya sungai-sungai di wilayah ini memiliki aliran yang pendek. Sungai terkenalnya antara lain Sungai Thames yang mengalir membelah Kota London dan bermuara ke Laut Utara. Sungai lainnya adalah sungai Severn yang mengalir ke terusan Bristol (Laut Celtic).


D. IKLIM NEGARA INGGRIS

 

            Berdasarkan letak astronomisnya Negara Inggris beriklim sedang. Kondisi alam yang dipengaruhi oleh lautan menyebabkan Negara Inggris memiliki iklim laut. Iklim laut ini mempunyai yang mempunyai sifat sejuk dan basah. Kondisi alam ini membuat hampir sepanjang tahun Negara Inggris mengalami hari-hari sejuk dan dingin.

            Curah hujan rata-rata 1.000 mm per tahun. Curah hujan tertinggi terjadi di daerah pantai barat dan daerah pegunungan mencapai 5.000 mm per tahun. Suhu rata-rata pada musim dingin berkisar antara 4o C – 5o C, sedangkan pada musim panas suhunya antara 12o C –    16o C. Dibagian selatan, suhu rata-rata pada musim panas dapat mencapai 27oC.

 

E. PENDUDUK NEGARA INGGRIS

 

            Penduduk Negara Inggris berjumlah 60.270.710 jiwa. Pertumbuhan penduduknya 0,1% setiap tahunnya, sedangkan kepadatan penduduknya rata-rata 204 jiwa/ km2. penduduk Negara Inggris hampir 90% tinggal di daerah perkotaan, sedangkan sisinya 10% tinggal di pedesaan.

            Penduduk asli Negara Inggris ialah orang Inggris yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

a. Bangsa Kelt meliputi orang Skotlandia, Irlandia, dan Wales.

b. Bangsa Jerman meliputi orang Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman.

            Bahasa negaranya atau bahasa persatuannya ialah bahasa Inggris. Sebagian besar penduduknya menganut agama Protestan dan Katolik. Sedangkan sebagian lainnya menganut agama islam, Yahudi, Hindu, dan Sikh.

 

F. KEGIATAN EKONOMI NEGARA INGGRIS

            Inggris tergolong negara yang memiliki kondisi perekonomian maju dan kuat. Kondisi perekonomian ini di dukung oleh beberapa sektor, antara lain sebagai berikut.

1) Pertanian

Secara umum lahan pertanian Negara Inggris kurang subur. Namun, berkat usahanya yang gigih dan menerapkan sistem pertanian yang modern meka hasil pertaniannya dapat mencukupi kebutuhan dalam negeri Negara Inggris. Hasil-hasil pertaniannya antara lain tebu, gandum, dan barley (merupakan tanaman utama) yang banyak ditanam di Pegunungan Anglia Timur. Buah-buahannya banyak ditanam di daerah Devon, Worcester, dan Kent. Sedangkan kentang dan sayur-sayuran banyak di tanam di selatan Lancashire.

2) Peternakan

Hewan-hewan yang di ternak yaitu antara lain sapi potong (di ternak di daerah lembah Northen Hinghland timur laut), sapi perah (di ternak di bagian barat Central Lowland), dan domba (di ternak di lembah Tweed ). Jenis ternak yang lain yaitu babi dan ayam yang diusahakan di daerah Yorkshire dan Lanchashire.

 

 

3) Perikanan

Jenis ikan yang dihasilkan dari Inggris yaitu ikan haring dan cod. Dua jenis ikan ini terdapat di perairan Laut Utara dan Samudera Atlantik.

4) Perindustrian

Kegiatan perindustrian merupakan tulang punggung perekonomian Negara Inggris. Pusat industri utamanya yaitu kota Birmingham dan Sheffield. Kawasan industri tersebut dinamakan The Black Cauntry. Disebut demikian karena udara ini selalu tampak hitam akibat tertutup oleh asap-asap industri yang sangat banyak terdapat di kawasan ini. Jenis-jenis industri yang ada antara lain sebagai berikut.

  • Industri kain wol, terdapat di kota Brandford dan Leeds.
  • Indutri sutra tiruan (sintetis), terdapat di kota Yorkshire dan Lancashire.
  • Industri tekstil, terdapat di kota Glasgow, Lanchashire, dan Manchester.
  • Industri galangan kapal, terdapat di kota Greenoch dan Peasly. Dua kota ini merupakan pusat industri galangan kapal Inggris, sedang daerah yang lainnya yaitu London dan New Castle.
  • Industri kimia, terdapat di kota London.
  • Peleburan alumunium, terdapat di kota Birmingham. Jenis industrinya antara lain lokomotif, rel kerete api, mesin-mesin mobil, pesawat terbang, dan lain-lain.

5) Pertambangan

Hasil pertambangan trbesar Inggris adalah minyak dan batu bara. Jenis-jenis pertambangan lainnya antara lain bijih besi, timah, tembaga, mangan, dan seng.

 

6) Perdagangan

 

v  Jenis barang ekspornya yaitu pesawat terbang, mesin-mesin pertanian, plat-plat baja, lokomotif, tekstil sintetis, truk, mobil, wol, barang-barang kimia, mesin-mesin industri, dan alat-alat elektronik.

v  Jenis barang impornya yaitu tembakau, belerang, bijih besi, karet, kapas, dan minyak bumi.

G. KEBUDAYAAN

            Kebudayaan dan peradaban Negara Inggris tergolong sangat maju, baik dalam bidang seni, pendidikan, maupun teknologi. Di bidang teknologi, penemu-penemu terkenal dari Negara Inggris antara lain:

  • James Watt (menemukan mesin uap)
  • John Walker (menemukan korek api)
  • Michael Farady (menemukan dinamo)
  • Edward Butler (menemukan sepeda motor)
  • Ernest Swinton (menemukan tank)
  • Frank Whittle (menemukan mesin jet)
  • Newton (menemukan teleskop berefleksi)
  • Artwreght (menemukan mesin tenun)
  • George Stephenson (menemukan lokomotif)

Di bidang pendidikan dan kebudayaan, Negara Inggris perpustakaan dan museum terkenal di dunia. Nama museum tersebut adalah The Victoria and Albert Museum, sedangkan nama perpustakaannya adalah The British Library. Universitas tertua yang terkenal di dunia ialah Oxford dan Cambridge. Universitas ini telah menghasilkan ilmuan-ilmuan yang tersebar di seluruh dunia. Wajib belajar penduduk Inggris di terapkan pada anak usia 5-16 tahun. Mereka di bebaskan dari biaya pendidikan.

Di bawah undang-undang tahun 1902, 1918, 1921, dan 1944, Negara Inggris mempunyai sistem pendidikan wajib yang bebas biaya. Setiap anak usia 5 tahun sampai dengan 16 tahun harus bersekolah.

Di bidang seni rupa dan seni musik, Inggris juga dikenal sangat maju. Kota London merupakan pusat kebudayaan terpenting. Kota ini memiliki sejumlah teater yang mempunyai reputasi internasional.

 

H. KOTA-KOTA PENTING DI NEGARA INGGRIS

 

* London                 : Merupakan ibu kota Negara Inggris dan kota pusat kebudayaan. Kota ini menjadi pusat segala kegiatan ekonomi dan politik dunia berat. Kota London terletak di Negara Inggris bagian selatan.

* Birmingham        : Kota terbesar kedua setelah kota London. Kota ini merupakan pusat industri berat dan terletak di bagian tenggara Negara Inggris.

* Coventry              : Kota pusat industri mobil dan sepeda.

* Leeds                    : Kota pusat industri wol.

* Glasglow              : Kota pusat industri lokomotif.

* Aldeburgh            : Kota tempat diselenggarakannya kegiatan musik tahunan yang disebut The Aldeburgh Festival.

* Canterbury          : Kota kuno Negara Inggris. Di kota ini terdapat menara-menara Gereja Gotik yang menjulang tinggi. Kota ini oleh masyarakat Inggris dijadikan sebagai tempat ziarah suci.

* Greenwich           : Kota penting dunia. Kota ini dijadikan sebagai pedoman waktu internasional.

 

I. BENTUK KERJA SAMA INGGRIS DENGAN INDONESIA

1) Bidang Diplomatik

Masing-masing negara menempatkan duta besar sebagai perwakilannya.

2) Bidang Sosial-Ekonomi

Negara Inggris banyak membantu Negara Indonesia melalui CGI (Consultative Group on Indonesia).

3) Bidang Perdagangan

  • Impor dari Indonesia antara lain kelapa sawit, kopi, teh, karet, dan tembakau.
  • Ekspor ke Indonesia antara lain obat-obatan, mesin-mesin, dan kendaraan.

4) Bidang Pendidikan dan Kebudayaan

Banyak pelajar, mahasiswa, dan dosen dari Indonesia belajar dan memperdalam ilmunya dalam berbagai disiplin ilmu di sekolah dan universitas-universitas di Negara Inggris. Mereka mendapat bantuan beasiswa dari pemerintah Inggris. Sebelum berangkat ke Inggris, mereka mendapat bantuan belajar bahasa Inggris di British Council di Jakarta.

11 komentar:

hanya seorank fatih mengatakan...

akhir' nemu jga ttg inggris makasih coy ,...
tw d'mana lgy ga da ttg negara ingris ,.....??

...:::: anetha blogger ::::.... mengatakan...

huh keren.....
bermanfaat....

Ruri Alinda mengatakan...

wah sangat mmbntu tugasku....makasih ya mas...posting yang meksiko sama Australia dong..please thanks

Alifa Silviana mengatakan...

tugas aku cepet selese nih makasih buat yg nulis :-)

Almira Luthfiyanti mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Almira Luthfiyanti mengatakan...

terima kasih buat yang udah post ini,bener-bener ngebantu..

Bima Kuntarajati mengatakan...

Terima Kasih banyak ya..
berkat Postingan ini, tugasku tentang Negara Inggris jadi selesai :)
Posting lagi yg berguna buat Orang lain ..

andrias fajar mengatakan...

tau gini gausah ribetribet dah

Maria Anastasia mengatakan...

makasii wkwk

Catherine Gunawan mengatakan...

thx banget

angelica setiawan mengatakan...

makasihhh

Poskan Komentar